MJ dan Bahasa #1

3:02:00 AM hanny arianty gultom 0 Comments


Dari jaman kuliah mau banget dokumentasiin bagaimana MJ menguasai bahasa lain selain bahasa ibunya. Dalam hati bisa dijadikan case study dengan subjectnya adalah MJ. Well, terealisasi atau tidak, yang penting dokumentasinya tetap jalan. Sudah hampir sebulan ini MJ mulai aktif menggunakan bahasa inggris saat berbicara dengan saya dan papanya, karena perkembangan dia yang significant jadilah saya tertarik untuk menuangkannya kedalam post saya kali ini.
photo by @helloquence
Ada beberapa poin yang bisa saya tulis tentang bagaimana MJ belajar bahasa asing dan perkembangan yang dia raih.

Awalnya
Saya memang memilih agar MJ fasih berbahasa indonesia terlebih dahulu baru mengajaknya belajar bahasa asing. Kenapa demikian? karena saya tidak ingin dia bingung akan bahasa yang digunakan (banyak baca saat di kuliah dulu) dan juga karena tahu bahwa anak-anak mempunyai daya serap yang sangat tingg sampai di usia emasnya, jadi saya tidak takut kalau MJ ketinggalan untuk belajar bahasa asing.

Yang saya lakukan
Sembari MJ belajar bahasa ibu dengan baik dan benar, saya sedikit demi sedikit meng ekspos bahasa asing ke buku bacaan yang saya bacakan ke MJ dan pada TV dan Youtube video yang dia tonton semenjak MJ kira-kira berumur 1 tahun. Saya menunggu saat MJ sudah dengan sendirinya mengajak saya berinteraksi bahasa asing ke saya dan papanya. Itu terjadi hampir sebulan lalu dan melihat perkembangan dia yang secara otodidak dia pelajari sangatlah mengagumkan.

Apa yang sudah dia pelajari 
MJ sudah sering menggunakan kalimat penuh, bahkan frase, perbendaharaan kata dan ungkapan yang dia ambil sendiri dari lingkunganya. Lucu sekali setiap dengar celotehan dia yang dia sadur dari tontonan yang saya tahu dan kebanyakan dari satu film favoritnya, "Blaze the Monster Machine." Ungkapan seperti "Oh man!, Oh well.. , count with me, I like this, Up and Down," karena suka menemani MJ menonton jadi saya tahu dari mana asalnya MJ menambah perbendaharaan katanya.
Untuk vocabulary makanan dan buah-buahan sering dia dapat dari "Max and Ruby." seperti "Pizza, strawberry, pie, apple." Mungkin karena si Max suka makan ya jadinya banyak muncul kata-kata tersebut. MJ juga sudah mulai bertanya "Mom what's this?" "Mom kalau rumah apa?".  Sama seperti anak-anak yang lain yang peka akan sebuah lafal, MJ juga pernah mengoreksi cara bicara seseorang.

Lalu?
Saya akan terus melanjutkan tulisan saya dan melihat perkembangan MJ berikutnya dan mungkin saja bisa dijadikan sebuah tulisan akan bagaimana MJ belajar bahasa asingnya. Semoga saja ya. :)

You Might Also Like

0 comments: